Pembelajaran Daring Menggunakan Telepon Pintar Dengan Metode Extreme Programing Pada Mata Pelajaran Tauhid Di Masjid Nurul Hikmah
Keywords:
Android, Firebase Realtime Database, Tauhid, smartphone, pembelajaranAbstract
Latar Belakang: Perkembangan jumlah pengguna smartphone sudah merambah dikalangan siswa. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai media pendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis mobile learning adalah alat bantu mengajar berupa aplikasi android yang berisi materi dan latihan yang dapat digunakan oleh siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan: Penelitian ini bertujuan agar siswa dapat mengakses pelajaran lebih mudah karena aplikasi ini berbasis android dan dapat diakses secara online karena menggunakan Firebase Realtime Database. Hasil Penelitian: Aplikasi ini berisi materi pembelajaran dan latihan soal atau ujian yang di upload oleh guru, sehingga guru dapat melihat pemahaman siswa sudah sampai sejauh mana tentang materi yang diberikan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan siswa dalam pembelajaran tauhid.
References
Ade Kusmana. (2019).E-Learning Dalam Pembelajaran Oleh: Ade Kusmana *. Lentera Pendidikan, 14(1), 35–51.
Ariani, D. (2018). Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 58–64. https://doi.org/10.21009/JPI.011.09
Budi, P. S. (2019). Media Pembelajaran E-Learning Dengan Metode Parsing Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Sekolah Berbasis Web, 14(2), 105–115.
Budiyanto, M., Sudibyo, E., & Qosyim, A. (2019). Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan E-Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 82. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p82-86
Gnana Singh, A. A., Leavline, E. J., & Selvam, J. (2017). Mobile Application for m-Learning. International Journal of Advance Research in Computer Science, 8(4), 313–317.
Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasia, 12(2), 167. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v12i2.1516
Arjuna, R., Irsan, M., & Sukisno, S. (2020). Aplikasi Konten Pembelajaran Pemrograman Berbasis Android. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 6(2), 89–94. https://doi.org/10.33592/JUTIS.VOL6.ISS2.134
Mutia, I. (2019). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses. Faktor Exacta, 6(4), 278–289.
Syam, S., & Mahmudin, M. (2019). Prototipe Model Pembelajaran on-Line Dengan Metode Object Oriented Berbasis Web (Studi Kasus Mata Pelajaran Logika Matematika). Unistek, 6(2), 28–33. https://doi.org/10.33592/unistek.v6i2.260
Ucu, N. L., Paturusi, S. D. E., & Sompie, S. R. U. A. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20196
Wulandari, D. A., Murnomo, A., Wibawanto, H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Sultan Trenggono Kota Semarang Mobile Learning Based on Android Development on Subjects of Software Engineering At Smk Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577–584. https://doi.org/10.25126/jtiik.20196994
Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional, 338–346.