Sistem Pakar Identifikasi Cedera Kaki Pada Pemain Sepak Bola Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Telepon Pintar

Authors

  • Candra Pradipta Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Muhamad Irsan Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Indrato Harsadi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Keywords:

Sistem Pakar, Sepak Bola, Cedera Olahraga, Cedera Sepak Bola, Forward Chaining

Abstract

Sepak bola adalah olahraga yang paling digemari di seluruh dunia, hampir semua masyarakat di dunia memainkan olahraga ini. Karena sepak bola adalah olahraga yang paling sering mengalami benturan fisik, maka tidaklah heran banyak para pemain sepak bola yang mengalami cedera. Cedera adalah kondisi dimana bagian pada tubuh kita terasa sakit atau tidak nyaman. Cedera jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat bertambah parah, apalagi sekarang masih banyak para pemain sepak bola yang memberikan penangan terhadap cedera yang mereka alami secara asal bahkan masih banyak yang menyepelekan cedera tersebut. Penanganan cedera yang baik dan benar biasanya dilakukan oleh seorang fisioterapi, namun karena sulitnya mancari fisioterapi dan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan konsultasi itu lumayan besar. Maka pada penelitian ini dibuat suatu sistem pakar yang dapat mempermudah pemain sepak bola untuk dapat mengetahui informasi tentang cedera yang dialami dan cara penanganan yang baik dan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Forward Chaining yang berperan sebagai runtutan dalam menentukan hasil dan Metode Certainty Factor yang berperan untuk memberikan persentase kepercayaan terhadap hasil yang diperoleh, dengan menggunakan dua metode tersebut aplikasi sistem pakar ini mampu memberikan hasil kepuasan sebesar 82,1% dengan tingkat kepuasan “Sangat Puasâ€.

References

Dian, R., Sumijan, S., & Yunus, Y. (2020). Expert System in Identifying Tooth Damage in Children Using Forward Chaining and Certainty Factor Methods. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 2(3), 1–6. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v2i3.36

Djamaludin, Haryanto, Y. K. H. (2018). Expert System Of Dental And Diagnosis Diseases Using Forward Chaining Method. 37–42.

Febriyanda, S., Hidayat, T., & Susandi, D. (2020). Sistem Penjualan Online Air Minum. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(1), 57–62.

Indra, P., & Marheni, E. (2020). Jurnal Performa Olahraga. Performa Olahraga, 5(1), 39–47.

Macam, I., Lokasi, D. A. N., & Olahraga, C. (2016). SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan guna Memperoleh Gelar Sarjana Olahraga Oleh : Julian Dewantara.

Published

2020-11-30

How to Cite

Pradipta, C., Irsan, M., & Harsadi, I. (2020). Sistem Pakar Identifikasi Cedera Kaki Pada Pemain Sepak Bola Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Telepon Pintar. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 1(3), 262–268. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1125

Most read articles by the same author(s)